Rabu, 03 Januari 2024

GETARAN


 GETARAN




Pengertian

Getaran adalah gerak yang terjadi secara bolak-balik di sekitar kesetimbangan. Syarat terjadinya getaran ialah benda mengalami kondisi diam apabila tidak menerima gaya gerak. Selain itu, jarak simpangan terjauh yang timbul secara bolak-balik akibat getaran, selalu sama bila diukur dari titik tengah.

Jenis getaran

• Getaran bebas terjadi bila sistem mekanis dimulai dengan gaya awal, lalu dibiarkan bergetar secara bebas. Contoh getaran seperti ini adalah memukul garpu tala dan membiarkannya bergetar, atau bandul yang ditarik dari keadaan setimbang lalu dilepaskan.

• Getaran paksa terjadi bila gaya bolak-balik atau gerakan diterapkan pada sistem mekanis. Contohnya adalah getaran gedung pada saat gempa bumi.

Sumber : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Getaran


Ciri-Ciri Getaran

Getaran adalah jenis gerak yang mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, baik gerak alamiah maupun buatan manusia. Semua getaran memiliki ciri-ciri tertentu. Contohnya bila sebuah pegas diberi beban yang ringan, misalnya 5 gram kemudian ditarik dan dilepaskan, gerakkannya akan bolak-balik sama dengan gerak bandul.


Bila kamu menggunakan stopwatch/ jam, kamu dapat mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan pegas tersebut untuk bergetar dari mulai kamu lepas tarikannya sampai pegas tersebut diam. Waktu ini disebut waktu getar yang disimbolkan dengan (t). Sementara itu, bila kamu mengukur waktu ketika pegas melakukan satu getaran, dari titik awal (A) kembali lagi ke titik awal, waktu ini disebut Periode yang disimbolkan dengan (T).


Rumus Getaran

1. Frekuensi (f)

Frekuensi getaran adalah jumlah siklus getaran yang terjadi dalam satu detik. Rumusnya adalah f = n/t.
Keterangan:
f = Frekuensi dengan satuan Hertz
n = Jumlah getaran yang terjadi
t = Waktu dengan satuan sekon atau s

2. Amplitudo (A)

Amplitudo adalah jarak maksimum yang dicapai oleh objek yang bergetar dari posisi kesetimbangan. Ini mencerminkan besarnya getaran.

3. Periode

Periode adalah durasi yang diperlukan untuk menyelesaikan satu putaran getaran, dan dalam sistem metrik internasional, unit periode diukur dalam detik (s). Dalam ilmu fisika, periode sering disimbolkan dengan huruf (T). Rumus untuk menghitung periode adalah sebagai berikut:
​T = t / n
Keterangan:
T = Periode dengan satuan sekon
t = Waktu dengan satuan sekon
n = Jumlah Getara

Sumber : https://kumparan.com/pengertian-dan-istilah/pengertian-getaran-dalam-ilmu-fisika-jenis-dan-rumusnya-21G2vxtPbcB/full

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Popular Posts

Pages

About

Blogger templates

Blogger templates

Blogroll

GEMPA BUMI

                                      GEMPA BUMI    PENGERTIAN Gempa bumi adalah getaran atau getar-getar yang terjadi di permukaan bumi aki...

Blogroll

Pages - Menu